pembelajaran tanpa batas www.malang-center.blogspot.com

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Ezkajivo - - 0 comments

Blogger merupakan salah satu alternatif mesin blog yang cukup populer. Blogger saat ini dimiliki oleh Google. Blogger sangat mudah digunakan, cocok bagi pemula dalam dunia blogging, karena tidak perlu banyak setingan, dibandingkan dengan wordpres, blogger jauh lebih efisien dalam berbagai sisi, terutama dalam sisi biaya. Kenapa ? dengan menggunakan blogger, anda tidak perlu pusing memikirkan biaya hosting, kapasitas hosting, bandwidth dan lain-lain. Dibanding menggunakan wordpress dengan hosting sendiri, anda harus memikirkan bandwidth dan space hosting. Blog ini sudah akan kehabisan bandwidth dan space. Bulan ini saja (tgl 14 Maret) sudah memakan lebih dari 60% bandwidth. Spacenya tinggal setipis kulit bawang. Jadi jika suatu saat web ini tidak bisa diakses, mohon maklum ya? saya tak nyari dana dulu buat menyambung blog ini. Kembali ke masalah tadi. Meskipun mudah dan efisien saya tidak memilih blogger, karena blogger tidak bisa ditambahi plug in dan bahasa pemrogramannya pun sulit dipelajari (bagi saya, kok). Saya jarang menggunakan blogger, tetapi saya pernah menggunakan blogger untuk membuat blog. Paling tidak dummy blog dan latihan ngeblog. mau lihat ? coba disini. Tapi yang akan dibahas bukan pamer blog :), tetapi bagaimana cara menampilkan recent artikel pada blog, bukan model hirarki seperti yang sudah disediakan oleh blogger. Simak terus yah…


Saya tidak tahu apakah trik ini sudah pernah dibahas oleh master blogger atau belum. Tapi ini original saya yang menemukan. Trik ini menggunakan feed dari blog anda. Sebenarnya dengan langsung menambahkan widget feed, dimana sumber feed tersebut adalah feed blog anda, artikel terbaru sudah tampil kok. Tetapi hanya maximal 5 biji, itupun tidak disertai dengan preview artikel. Bagaimana jika ingin menampilkan lebih dari 5 artikel ? gunakan jasa feedburner.com. Feedburner adalah layanan untuk mengubah rss atau feed blog anda menjadi bentuk lain sehingga lebih berguna dan mudah diaplikasikan. Istilahnya “serahkan feed-mu, dan kami akan membuat produk baru dari feed mu tersebut” kata feedburner. Termasuk menampilkan artikel terbaru.

Jika belum memiliki account di Feedburner, buat dulu, kemudian daftarkan situs/blog anda. Jika sudah memiliki account dan sudah mendaftarkan situs anda, lakukan langkah-langkah berikut ini

* Masuk ke dalam My Feed pada feedburner anda.
* Pilih Publicize
* Pilih BuzzBoost Republish your feed as HTML
* Tentukan setingan feed anda, setelah itu klik Activate
* Setelah itu, anda akan mendapatkan kode javascript untuk menampilkan recent posting. Kopi kode tersebut
* Sekarang masuk ke dalam seting layout blogger anda. Tambahkan sebuah widget HTML/Javascript. Pastelah kode yang tadi ke dalam text yang tersedia.
* Sekarang anda memiliki recent posting yang jumlahnya bisa anda atur

Recent posting atau artikel terbaru bisa membuat pengunjung betah berada lama-lama di blog anda, karena lebih banyak sajian artikel anda ditambah adanya preview dari artikel tersebut.













Leave a Reply